0

Tugas 1 (Ilmu Sosial Dasar): Sejarah dan Perkembangan Suatu Wilayah

Posted by Unknown on 20.04 in ,
Sejarah dan Perkembangan Tokyo


keepo.me-Kota_Tokyo_Jepang.jpg 
Gambar: Panorama Tokyo


Tokyo asalnya merupakan desa perikanan kecil yang bernama Edo. Pada tahun 1457, Ota Dōkan membangun Istana Edo. Pada tahun 1590, Tokugawa Ieyasu berbasis di Edo, dan setelah menjadi shogun pada tahun 1603, kota ini menjadi pusat administrasi tentaranya untuk seluruh negara. Pada zaman Edo, Edo menjadi salah satu kota terbesar di dunia dengan jumlah penduduk mencapai sejuta orang menjelang abad ke-18. 

Edo menjadi ibukota de facto di Jepang meskipun kaisar tinggal di Kyoto, ibu kota kerajaan. Setelah sekitar 263 tahun, pemerintah shogun digulingkan di bawah bendera pemulihan pemerintahan kaisar. Pada tahun 1869, ketika Kaisar Meiji pindah ke Edo di usia 17 tahun, Tokyo sudah menjadi pusat politik dan kebudayaan negara, kemudian dijadikan ibu kota kerajaan de facto oleh istana sementara bekas Istana Edo menjadi Istana Kerajaan. Kota Tokyo didirikan lalu tetap menjadi ibu kota negara sehingga status kotanya dicabut pada tahun 1943 untuk digabungkan dengan "Wilayah Metropolitan" Tokyo.

Sayangnya, Tokyo mengalami dua bencana hebat pada abad ke-20, tetapi untungnya kota ini dapat pulih dari keduanya. Salah satunya adalah gempa bumi Kantō 1923 yang menyebabkan 140.000 penduduk tewas atau hilang, dan yang kedua adalah Perang Dunia II, ketika Tokyo dibom bertubi-tubi pada tahun 1944 dan 1945, menyebabkan 75.000 hingga 200.000 orang tewas dan separuh kota hancur.

Setelah perang, Tokyo dibangun kembali, dan berkilauan di mata dunia ketika Olimpiade Musim Panas 1964 diadakan di kota ini. Zaman 1970-an menyaksikan pembangunan pencakar langit seperti Sunshine 60, konstruksi bandara baru yang kontroversial di Narita (yang agak jauh dari perbatasan kota) pada tahun 1978, dan peningkatan jumlah penduduk hingga sekitar 11 juta (dalam lingkungan wilayah metropolitan).

Jaringan kereta bawah tanah dan komuter Tokyo menjadi salah satu yang tersibuk di dunia karena semakin banyak orang yang pindah ke wilayah Tokyo. Pada 1980-an, harga properti melangit dalam penggelembungan harga aset Jepang. Setelah gelembung itu meledak pada 1990-an, banyak perusahaan, bank, dan banyak orang yang terikat utang hipotik, sehingga terjadilah resesi besar yang membuat era 1990-an sebagai "dekade hilang" di Jepang, tetapi kemudian berangsur-angsur membaik.

Proyek reklamasi tanah di Tokyo juga berlanjut selama berabad-abad lamanya, terutama di wilayah Odaiba yang dijadikan daerah belanja dan hiburan utama.

Mungkin banyak orang yang heran dengan perkembangan pesat Tokyo. Tokyo masa sekarang bukanlah Tokyo pada zaman dahulu. Seluruh komponen masyarakat Tokyo saling bahu-membahu dalam membangun kemajuan kota. Saya akan paparkan alasan mengapa Kota Tokyo pantas dikatakan sebagai kota terkaya di Dunia, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Otaku Wonderland
Jika kamu memiliki sisi kutu buku di dalam dirimu, Tokyo adalah kotamu, karena jika kamu ingin membuat robot dan perlu alat-alatnya, Tokyo menyediakan semuanya. Akihabara mempunyai beberapa toko yang semuanya menjual komponen robot. Tokyo adalah tempat terbaik jika hobi kamu adalah manga, anime, cosplay dan video game.

2. Kamu bisa menjadi dirimu sendiri.
Kunjungi stasiun Shinagawa di Tokyo setiap pagi, disana akan terlihat orang-orang yang berpakaian serba hitam. Dengan melihat ini, sulit rasanya membayangkan sisi individualistis dari tokyo. Lain lagi ditaman Yoyogi pada hari minggu yang merupakan kebalikan dari apa yang kita lihat distasiun shinagawa, dimana banyak penduduk tokyo
menikmati kebebasan pribadi mereka disini. Fashoin, musik dan bagian kebudayaan artistik berkembang disini,jadi disini tidak ada masalah jika kamu ingin menjadi dirimu sendiri.

3.   Kota Besar yang Terang
Susah memikirkan kota lain yang memiliki lingkungan perkotaan yang lebih dari Tokyo, Pusat kota Tokyo memiliki paling tidak 50 kelompok masyarakat besar yang semuanya
memiliki pesona nya sendiri.

4. Keamanan
Berdasarkan statistik, Tokyo adalah kota dengan tingkat kejahatan rendah,bahkan lebih aman dari New York, Paris atau London. Hanya polisi yang memiliki senjata, itupun jarang digunakan bahkan pedang pun sangat sulit untuk dimiliki disini.


5. Masyarakat
Tokyo sebenarnya bukanlah benar-benar sebuah kota. Secara politik, Tokyo adalah sebuah prefektur (sama dengan negara bagian atau propinsi) yang dibagi menjadi 23 daerah spesial, 26 kota-kota, 5 kota kecil dan 8 desa yang masing-masing mempunyai balai kota sendiri-sendiri. Masing-masing daerah mempunyai rasa bermasyarakat yang kuat yang dimana ditunjukkan dengan masyarakatnya yang selalu rajin menghadiri event-event yang diadakan di kuil-kuil sekitar dengan membawa mikoshi atau melakukan sebuah tarian,bahkan di Jepang adalah sebuah hal yang umum, jika Anda memberikan oleh-oleh kecil saat Anda baru pindah dan memperkenalkan diri pada tetangga.

6. Berselancar dan Salju
Tokyo dikenal dengan tempatnya yang dimana wisatawan dapat melakukan 2 hal berbeda disaat bersamaa. Contoh; pada musim dingin, Anda dapat berselancar (wetsuit diperlukan) pada satu hari dan besoknya anda bisa melakukan snowboard.

7. Lowongan Kerja
Tokyo memiliki banyak lowongan pekerjaan terutama dibagian penelitian, mesin dan IT. Selain itu, Tokyo juga menawarkan banyak kesempatan berkarir untuk profesional yang kreatif seperti ; fashion, animasi dan seni. Tokyo juga adalah kota terbaik untuk mereka yang ingin berkarir dibidang robotik dan otomotif.

8. Sistem Kereta
Tokyo diklaim memiliki jaringan kereta yang paling efisien dan teratur didunia. Dengan jumlah penumpang rata-rata 14.6 miliar pertahun yang dilayani oleh 882 stasiun dan 121 kereta. Oleh karena itulah, maka disetiap perusahaan, alasan apapun untuk keterlambatan tidak diterima.

9. Makanan
Tokyo adalah tempat yang sangat bagus untuk menemukan makanan enak, bayangkan saja, jumlah restoran yang ada ditokyo hingga saat ini tidak diketahui persis berapa jumlahnya, yang diperkirakan mencapai 200.000 atau lebih. Ketika restoran tersebut berkualitas dan bagus, berita akan cepat tersebar dan penduduk tokyo akan rela mengantre berjam-jam untuk mencoba restoran tersebut. Bahkan Michelin Guide restaurant memasukkan Tokyo sebagai kota yang memiliki restoran bintang 1,2 & 3 didunia daripada kota-kota besar lain.

10. Kota Mode untuk para Remaja
Tokyo memiliki banyak aliran fashion, mulai dari street fashion hingga fashion dari New York dan MIlan.

11. Perjalanan akhir pekan
Jaringan shinkansen Jepang yang sangat brilian membuat daerah pedesaan di Jepang dapat diakses dengan mudah dari Tokyo,bahkan untuk mengunjungi Kyoto hanya diperlukan waktu 2 jam saja. Jadi tidak heran jika diakhir pekan, banyak warga Tokyo yang berakhir pekan d idaerah pedesaan daripada diam dikota saja.

12. Event dan Konser
Tokyo menarik banyak even industri dan kebudayaan asing,mulai dari Tokyo Motor Show,Tokyo game show dan international anime fair adalah beberapa even terbesar yang diselenggarakan di Tokyo. Banyak musisi terkenal, aktor dan aktris juga tertarik untuk mengadakan even atau konser disini.

13. Pusat berbelanja produk fashion
Tokyo memiliki ratusan departement store besar dan ribuan toko-toko kecil, dari Ginza hingga pusat baju-baju bekas di Shimokitazawa. Tempat yang sangat bagus untuk berbelanja.

14. Arsitektur Cyberpunk
Kota Tokyo memiliki arsitektur unik yang hanya bisa dijumpai disini, gelap dengan nuansa cyber punk, hingga banyak para fotografer dan petualang yang datang mengunjungi kota ini.

15. Atraksi di Tokyo
Di Tokyo, kita bisa mengunjungi atraksi berbeda setiap minggu dalam 10 tahun. Jadi kita tidak akan bingung mau melakukan apa disini, karena selalu ada hal yang baru.

16. Perjalanan Internasional
Jepang adalah pasar perjalanan yang besar, tour dan travel disini mampu memberikan diskon besar karena kekuatan pembelian mereka. Pada off season, sangat mungkin untuk mendapatkan harga sangat murah untuk perjalan wisata ke Eropa, Amerika selatan dan Pasifik selatan. Tokyo juga memiliki banyak variasi penerbangan langsung, tanpa perlu singgah dimana-mana terlebih dahulu.

17. Elektronik
Toko elektronik ditokyo mempunyai banyak pilihan yang mengejutkan. Toko-toko tersebut berkilauan dengan aktiviats dan lampu-lampunyanya yang berwarna warni.

18. Festival
Kalender festival di Tokyo memiliki banyak even pesta yang menyenangkan.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tokyo
http://pusatfaktaunik.blogspot.com/2013/05/18-alasan-kenapa-tokyo-salah-satu-kota.html

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Welcome To My Blog!!! All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.